Abstract:
Pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa sangat berpengaruh
kepada siswa. Kurangnya minat belajar dan rasa bosan siswa saat proses
pembelajaran berlangsung maupun daring pada masa pandemi mengakibatkan siswa
sulit untuk menerima pembelajaran dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar
siswa selama masa Pandemi Covid 19 di SD Muhammadiyah 13 Medan. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitaif. Penelitian dilakukan di SD
Muhammdiyah 13 Medan, menggunakan teknik Simple Random Sampling , dengan
populasi seluruh siswa kelas IV sebanyak 48 siswa, dan sampel sebanyak 26 siswa.
Teknik penelitian menggunakan angket atau kuesioner, dokumentasi, dan observasi.
Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis
serta analisis akhir atau pengujian hipotesis. Hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi
belajar di SD Muhammadiyah 13 Medan. Artinya hipotesis yang di dalam penelitian
yaitu Ha (lingkungan keluarga berpengaruh terhadap motivasi belajar murid SD
Muhammadiyah 13 Medan) di terima sedangkan Ho (lingkungan keluarga tidak
berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SD Muhammadiyah 13
Medan) ditolak. Penelitian ini diharapkan mampu menciptakan kondisi keluarga yang
kondusif bagi siswa serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk menciptakan
interaksi yang baik anatara orang tua dan siswa. Orang tua dapat menciptakan
lingkungan belajar yang baik bagi siswa agar siswa semakin termotivasi untuk belajar
sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal