Abstract:
Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk
menyampaikan pesan dalam proses belajar mengajar atau pembelajaran agar
intraksi, komunikasi, edukasi antara pendidik dan peserta didik dapat berlangsung
secara tepat sehingga dapat memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran
dalam kelas. Pembelajaran tematik merupakan salah satu model pembelajaran
terpadu atau terintegrasi yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang di ikat
dalam tema-tema tertentu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan
media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada buku pembelajaran tematik di
kelas IV Sekolah Madrasah Ibtidaiyyah Ali Imron Medan. Untuk mengetahui
besar kontribusi media pembelajaran berbasis Adobe Flash dalam meningkatkan
hasil belajar peserta didik pada buku pembelajaran tematik kelas IV Sekolah
Madrasah Ibtidaiyyah Ali Imron Medan, serta untuk mengetahui perubahan
perilaku peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran interaktif
berbasis Adobe Flash. Pengembangan media berbasis Adobe Flash dikembangkan
dengan 6 tahapan, yaitu (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3)
Desain produk; (4) Validasi desain; (5) Revisi desain; (6) Ujicoba produk. Media
pembelajaran berbasis Adobe Flash yang telah dirangkai selanjutnya di ukur
kepraktisannya. Berdasarkan hasil tes penggunaan media pembelajaran berbasis
Adobe Flash. Dari pre test dihasilkan dengan nilai rata-rata 62,85 dan hasil dari
post test diperoleh dengan nilai rata-rata 79,04. Nilai tersebut membuktikan
bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata. Serta penggunaan media pembelajaran
berbasis Adobe Flash peserta didik lebih aktif pada proses pembelajaran dan lebih
bersemangat dalam mengikuti pembelajaran