Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran distribusi dalam
kegiatan pemasaran produk PGR Gibgro 10SP PT. Nufarm dan untuk mengetahui
tingkat efisiensi saluran distribusi pemasaran produk PGR Gibgro 10SP PT.
Nufarm .
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah margin pemasaran dan
efisiensi digunakan perhitungan dengan rumus Mpi=Hji-Hbi, biaya
pemasaran,keuntungan dan efisiensi pemasaran dengan kaidah keputusan 0 – 33%
= efisien, 34 – 67% = kurang efisien dan 68 – 100%= tidak efisien. Hasil
penelitian menunjukkan saluran pemasaran PGR Gibgro 10SP terdapat tiga pola
saluran pemasaran, yaitu saluran I Produsen – Konsumen, saluran II Produsen –
Distributor- Konsumen, saluran III Produsen- Distributor-Pedagang- Pengecer Konsumen. Pada saluran pemasaran I dengan efisiensi pemasarannya sebesar 2%.
Saluran pemasaran II efisiensi pemasaran sebesar 4% dan pada saluran pemasaran
III efisiensi pemasaran sebesar 6%. Ketiga saluran pemasaran menjual PGR
Gibgro 10SP ke konsumen akhir sebesar Rp 5.000 dengan marjin pemasaran
sebesar Rp 2.562.