Abstract:
Komunikasi pariwisata merupakan pengembangan ilmu komunikasi dalam bidang
pariwisata. Hal ini dapat terjadi dikarenakan pariwisata memiliki potensi sebagai
salah satu sarana komunikasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan
strategi komunikasi dinas pariwisata pemuda adan olahraga dalam
mengembangkan objek wiasata pantai anggar di Kota Sibolga. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif. Data yang diperolah berasal dari informan
berjumlah 6 (enam) Orang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah observasi,wawancara dan dokumentasi.Dalam penelitian ini menggunakan
analisis data dengan metode kualitatif dimulai dengan menelaah seluruh data yang
tersedia dari berbagai sumber,yaitu wawancara,pengamatan yang sudah dituliskan
dalam catatan lapangan dan kemudian dokumentasi pribadi,gambar foto.Adapun
tahapan dalam proses analisis data yaitu reduksi data,penyajian data dan
kesimpulan atau verifikasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah
keseluruhan subjek merasa dengan adanya keberadaan objek wisata Pantai Anggar
Kota Sibolga. dapat memberi pengaruh ekonomi untuk masyarakat sekitar.
Simpulan pada penelitian ini adalah Komunikasi Pariwisata sebagai strategi dalam
pengembangan objek wisata Pantai Anggar Kota Sibolga. Dan melibatkan
masyarakat sekitar Pantai Anggar.