Abstract:
Penelitian ini di latar belakangi dengan Insan kreatif Indonesia mengangkat kasus
penipuan travel haji yang marak terjadi dialami masyarakat dalam media massa lewat
film berjudul “Mekah I’m Coming”. Film ini berfokus pada Eddy yang ingin
mendapatkan kuota visa haji resmi namun harus mengantri selama 10 tahun. Eddy
memilih mengambil jalur kilat dari agen travel haji yang menjanjikan. Sesampainya Eddy
di Jakarta, Eddy menyadari bahwa ternyata ia telah ditipu agen travel haji abal-abal. Film
Mekah I’m Coming mengedukasi masyarakat tentang haji namun tidak memiliki kesan
menggurui. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi pesan tentang
kewaspadaan memilih travel haji melalui film Mekah I’m Coming karya Jeihan Angga.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan
analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi, yaitu dengan menonton dan mengamati adegan dan
dialog dalam film Mekah I’m Coming yang merepresentasikan pesan kewaspadaan
memilih travel haji dan dokumentasi, yaitu dari beberapa buku, jurnal, internet, dan
sumber lainnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika Charles Sanders Pierce yaitu tanda, objek,
dan interpretasi. Adapun hasil penelitian ini adalah ditemukannya pesan verbal dan non
verbal yang menunjukkan representasi pesan kewaspadaan memilih travel haji yaitu cek
legalitas penyelenggara travel haji yang ditawarkan terlebih dahulu, jangan mudah
percaya kepada orang yang baru ditemui/baru dikenal, teliti ulang dalam melihat detail
paket yang ditawarkan, minta cek bukti pembayaran setelah melakukan transaksi, dan
tanyakan rekomendasi travel haji pada keluarga atau kerabat yang telah berangkat haji