Abstract:
Komunikasi kepala sekolah memiliki peranan penting dalam peningkatan kualitas
kinerja guru serta merupakan salah satu aspek yang menentukan tercapainya
keberhasilan pendidikan. Penelitian yang berjudul Efektivitas Komunikasi Kepala
Sekolah dalam Membangun Kulitas Kinerja Guru Sekolah Al-Masdar Lubuk
Pakam bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Komunikasi Kepala Sekolah
terhadap Peningkatan Kualitas Guru Sekolah Al-Masdar Lubuk Pakam.Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Teori komunikasi interpersonal. Metode
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif. Informan
atau Narasumber dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru di sekolah
AL-Masdar Lubuk Pakam.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara mendalam.Teknik yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif
kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi kepala sekolah
sangat efektif dalam proses membangun kualitas kinerja guru.