Abstract:
penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil analisis yang dilakukan penulis di
Madrasah Tsanawiyah Sumatera Utara dan penulis menemukan permasalahan
yang tampak dikalangan peserta didik yaitu kurangnya kemampuan peserta didik
dalam membaca Al-Qur’an yang sesuai dengan kaidah-kaidah hukum tajwid yang
baik dan benar. Dari hasil analisis ini penulis mengambil ikhtiar untuk dapat
meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an peserta didik melalui mata pelajaran
Al-Qur’an Hadits yang mana mata pelajaran ini juga merupakan mata pelajaran
wajb bagi madrasah khususnya pada tingkat Masdrasah Tsanawiyah yang
berisikan kajian-kajian keilmuan menganai Al-Qur’an dan Hadits khususnya juga
membahas mengnai hukum-hukum tajwid dalam materi pembelajarannya..
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits
memiliki nilai efektivitas dalam meningkatkan kualitas membaca peserta didik
terlebih hasil dari beberapa peneliti terdahulu yang telah mengkaji permasalahan
ini juga menunjukkan bahwa apabila pembelajaran pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits dilakukan secara mendalam maka akan menghasilkan bacaan Al Qur’an peserta didik yang berkualitas, yang mana hasil ini juga menunjukkan
bahwa semakin pembelajaran dilakukan dengan efektif dan efisien maka akan
meningkatkan kemampuan peserta didik untuk membaca Al-Qur’an yang sesuai
dengan kaidah ilmu tajwid yang benar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) yang mana penelitian ini dilakukan dengan cara observasi,
wawancara, tes, dan juga pengambilan dokumentasi.