Abstract:
Dalam penelitian yang berjudul Pola Komunikasi Pedagang Lemang dengan
Konsumen dalam Meningkatkan Penjualan Produk khas Tebing Tinggi bertujuan
untuk mengetahui Pola Komunikasi Pedagang Lemang antara Pembeli untuk
meningkatkan Penjualan. Adapun penelitian ini menggunakan Teori Komunikasi
interpersonal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode
Deskriptif Kualitatif. Informan atau Narasumber dalam penelitian ini adalah
pedagang lemang yang berjumlah 3 orang pedagang lemang yang berada di jalan
Tjong A Fie Tebing Tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penarikan kesimpulan
yang merupakan hasil penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pertukaran sosial dan teori
kesopanan oleh Devito, 2013. Adapaun hasil dari penelitian ini dalam berkomunikasi,
pedaganglemang menggunakan dua pola komunikasi ketika berkomunikasi kepada
pembeli . Pola komunikasi pertama yaitu pola komunikasi satu arah dimana pedagang
lemang menggunakan pola tersebut untuk menarik pembeli. Kedua, pola komunikasi
dua arah dimana pola ini digunakan untuk saling bertukar pesan antara pedagang
dengan pembeli. Komunikasi antara pedagang dan pembeli terjadi dalam bentuk
komunikasi interpersonal, disertai dengan pendekatan komunikasi persuasif serta
terjadi dalam situasi dialog interaktif berjalan secara tatap muka. Media sosial juga
digunakan oleh beberapa pedagang lemang dalam meningkatkan penjualan dengan
berusaha untuk mempromosikan jualannya melalui media sosial, seperti facebook,
whatsapp, dan instagram, Selain media sosial, media massa seperti radio dan tv juga
dimanfaatkan para pedagang lemang untuk mempromosikan produk penjualan guna
meningkatkan hasil penjualan para pedagang lemang.