Abstract:
Latar belakang masalah penelitian ini adalah. Apa konsep pelaksaaan
metode literasi Al-Qur‟an di SMP Muhammadiyah 57 Medan?. Bagaimana
proses menerapkan metode literasi alquran di SMP Muhammadiyah 57 Medan?.
Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan metode literasi
Al-Qur‟an di SMP Muhammadiyah 57 Medan?
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus,
dengan menggunakan metode analisis data . Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen kunci dalam
penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, sedangkan informannya adalah kepala
sekolah, guru, dan siswa.
Hasil penelitian ini adalah: 1).Peserta didik dalam melaksanakan metode
literasi Al-Qur‟an tidak berjalan dengan baik. 2). Peserta didik kurang memahami
materi yang diberikan oleh guru. 3). Peserta didik kurang fokus terhadap materi
yang diberikan oleh guru