Research Repository

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP IKLAN PENGGUNAAN TV DIGITAL

Show simple item record

dc.contributor.author ZAEIN, HELVIZA
dc.date.accessioned 2022-05-30T03:24:13Z
dc.date.available 2022-05-30T03:24:13Z
dc.date.issued 2022-05-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18040
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Kota Medan terhadap iklan penggunaan TV digital yang ada di Trans TV dan untuk mengetahui reaksi masyarakat Kota Medan terkait dengan keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menghentikan siaran TV analog dan berpindah ke siaran TV digital di tahun 2022. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan penelitian yang dipilih menggunakan sebanyak 4 orang dengan menggunakan metode purposif, kemudian data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa persepsi masyarakat Kota Medan terhadap iklan penggunaan TV Digital di Trans TV merupakan sebuah iklan layanan masyarakat yang sifatnya menghimbau dan menginformasikan masyarakat untuk beralih menggunakan TV analog ke TV digital ditahun 2022 ini, Reaksi masyarakat Kota Medan terkait dengan keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menghentikan siaran TV analog dan berpindah ke siaran TV digital di tahun 2022 negatif. Artinya adalah masyarakat belum merespon himbauan penggunaan iklan TV digital dengan baik. Ada beberapa faktor yang menyebabkan reaksi masyarakat negatif terhadap iklan TV digital, antara lain iklan TV digital mempunyai unsur promosi dan penjualan yakni membeli set top box, TV digital bukan menjadi kebutuhan primer masyarakat, keadaan ekonomi dan finansial masyarakat yang membuat masyarakat enggan untuk membeli set top box, dan sampai saat ini TV analog masih dapat ditonton dengan baik. en_US
dc.subject Persepsi Masyarakat en_US
dc.subject Iklan & TV Digital en_US
dc.title PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP IKLAN PENGGUNAAN TV DIGITAL en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account