Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganilisis pengaruh
celebrity endorse terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui pengaruh
hastag instagram terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui pengaruh
celebrity endorse dan hastag terhadap keputusan pembelian produk kosmetik
wardah (studi kasus mahasiswi FEB UMSU). Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan eksplanatori dan jenis data yang digunakan
adalah data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi
FEB UMSU yang menggunakan produk kosmetik wardah dan sampel yang
digunakan sebanyak 100 orang dengan menggunakan quota sampling. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data
dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji t,
uji F dan koefesien determinasi. Pengelolahan data dalam penelitian ini
menggunakan softwere SPSS (versi 22.00). Secara persial diketahui bahwa
celebrity endorse memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian di masa pandemik covid-19 (studi kasus mahasiswi UMSU). Secara
persial diketahui hastag instagram memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian di masa pandemik covid-19 (studi kasus mahasiswi
UMSU). Secara simultan diketahui celebrity endorse dan hastag instagram
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (studi
kasus mahasiswi FEB UMSU).