Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pebelajaran
daring pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiah Ulumul
Qur’an Medan. bagaimana dampak manajemen pebelajaran daring pada mata
pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an Medan. Apa
faktor pendukung dan penghambat pebelajaran daring pada mata pelajaran
bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an Medan. Jenis penelitian
ini adalah deskripsi kualitatif dengan metode kualitatif. Sumber data pada
penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dengan observasi langsung
dilapangan dan data skunder diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam
terhadap para informan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa : (1) Dampak
dari manajemen pembelajaran secara daring pada mata pelajaran bahasa Arab
ini adalah kurang efektifnya belajar mengajar yang mempengaruhi kreatifitas
siswa, kurangnya perhatian dan pengawasan orang tua terhadap anak. (2) faktor
Penghambat dari pembelajaran secara daring ini ialah paket data, tidak adanya
Hp android, teknologi yang kurang memadai serta perekonomian orang tua yang
kurang stabil.