Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari program one
day one juz Al-Qur’an terhadap kompetensi bacaan Al-Qur’an. Adapun populasi
dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah Kota Subulussalam yang
berjumlah 30 orang. Sedangkan sampel diambil dengan teknik sampling jenuh
sebanyak 30 orang mahasiswa. Teknik analisa data menggunakan uji kualitas
data, uji rebilitas data, uji hipotesis, uji parsial t hitung (uji t). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan
bahwa Program One Day One Juz Al-Qur’an berpengaruh signifikan terhadap
Kompetensi Bacaan Al-Qur’an hal ini didasarkan pada hasil Uji thitung 1,358 >
0, 449ttabel nilai dengan sig 0,018,5 < 0,05 menunjukkan H0 ditolak dan Ha
diterima. Berdasarkan uji Determinasi Nilai R Square 0,62 atau 62%
menunjukkan sekitar 62% variabel Kompetensi Bacaan Al-Qur’an (Y)
dipengaruhi oleh Program One Day One Juz Al-Qur’an (X). Sementara sisanya
sebesar 38% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Maka penulis menarik kesimpulan dalam penelitian ini variabel Program One
Day Pne Juz Al-Qur’an mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,62
atau 62% terhadap Kompetensi Bacaan Al-Qur’an SMP Muhammadiyah Kota
Subulussalam.