Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen peningkatan
kompetensi lulusan di SMP Ibnu Halim Medan. Kajian ini dilatar belakangi
terkait dengan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam peningkatan
kompetensi lulusan. Dalam peningkatan kompetensi lulusan ini akan
menghasilkan sebuah kinerja yang baik atau meningkatkan mutu pembelajaran
dari seorang pendidik terhadap kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Masalah
yang muncul adalah kurang aktifnya siswa dalam mengikui kegiatan
ekstrakurikuler keagamaan.
Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif dengan cara teknik
pengumpulan data skripsi ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Penelitian ini dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di
SMP Islam Terapdu Ibnu Halim Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan dalam kegiatan
ekstrakurikuler keagamaan di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan.
Hasil dari penelitian yang dilaksanakan menyimpulkan bahwa (1)
Perencanaan dimulai dengan pembuatan jadwal agar kegiatan ekstrakurikuler
berjalan dengan tertib, menysun rencana pelaksanaan pembelajaran, menyusun
silabus, dan program semester serta pengembangan kurikulum pada setiap mata
pelajaran . (2) Pengorganisasian dimulai dari yang telah dirancanag oleh pihak
sekolah SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan yang telah diatur dengan baik,
memberi semua tugas dalam berbagai unsur organisasi secara proporsional,
mengkoordinir semua kompenen yang terlibat dalam kepengurusan kegiatan
ekstrakurikuler. (3) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di SMP Islam Terpadu
Ibnu Halim berlangsung dengan baik, akan tetapi ada hambatan mulai dari
kurangnya SDM guru, kondisi bangunan yang sedang dalam perbaikan dan
kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang belum maksimal