Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
pembelajaran daring terhadap konssentrasi belajar siswa SDN 054942 Tegal
Rejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis linear sederhana. Hasil
penelitian dan pembahasan tentang pengaruh Pembelajaran daring terhadap
Konsentrasi Belajar pada siswa SDN 054942 Tegal Rejo yang dilaksanakan
dengan cara memberikan angket kepada 36 orang responden dapat dilihat dengan
Uji t nilai 7,311 > 2.032 dengan sig 0,000 < 0,05 menunjukkan H0 ditolak dan Ha
diterima. Berdasarkan uji Determinasi Nilai R Square 0,611 atau 61,1%
menunjukkan sekitar 61,1% variabel Konsentrasi Belajar (X) dipengaruhi oleh
Pembelajaran daring (Y). Sementara sisanya sebesar 38,9% dipengaruhi oleh
variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka penulis menarik kesimpulan
dalam penelitian ini variabel Pembelajaran daring mempunyai pengaruh positif
dan signifikan sebesar 0,611 atau 61,1% terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SDN
054942 Tegal Rejo.