Research Repository

MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN FULLDAY SCHOOL DI MTs AZ-ZUHRI TANNJUNG MORAWA

Show simple item record

dc.contributor.author Dalillah, Rifa
dc.date.accessioned 2022-05-28T02:17:46Z
dc.date.available 2022-05-28T02:17:46Z
dc.date.issued 2022-05-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17982
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi adanya ketidak efektifan manajemen pembelajaran fullday school di MTs Az-Zuhri Tanjung Morawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan program fullday school di MTs Az-Zuhri Tanjung Morawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif yaitu metode pengolahan data dengan cara menganalisa faktor-faktor yang berkaitan dengan objek penelitian dengan penyajian data secara lebih mendalam terhadap objek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, serta penarikan dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Perencanaan fullday school dimulai dari penyusunan kalender akademik agar waktu pembelajaran yang diterima secara penuh oleh peserta didik, menyusun (Rencana Pelaksaan Pembelajaran) RPP, dan silabus, menyusun (Kriteria Ketuntasan Minimal) KKM, Program Tahunan, Program Semester serta pengintegrasian pengembangan kurikulum pada setiap mata pelajaran mengacu pada kurikulum Nasional yang diperkaya dengan kurikulum Depag. (2) Pengorganisasian dimulai dari yang telah dirancang oleh pihak MTs Az-Zuhri perihal Pembelajaran fullday telah teratur dan tersusun dengan baik mulai dari kepala sekolah, Tata Usaha hingga guru-guru yang mengajar di kelas masing masing. (3) Pelaksanaan pembelajaran fullday school yang telah terlaksana di MTs Az-Zuhri berlangsung dengan baik, akan tetapi ada beberapa hambatan mulai dari kondisi bangunan yang sedang dalam perbaikan, kurangnya SDM guru, kurangnya ruang kelas dan beberapa sarana dan prasarana, dan strategi pembelajaran yang belum maksimal. Saran yang direkomendasikan untuk MTs Az-Zuhri Tanjung Morawa dalam perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan program fullday school adalah kebutuhan kerjasama yang professional. Penyusunan kalender akademik dan fasilitas sekolah menjadi faktor penting dalam program fullday school. en_US
dc.subject Manajemen en_US
dc.subject Fullday School en_US
dc.title MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN FULLDAY SCHOOL DI MTs AZ-ZUHRI TANNJUNG MORAWA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account