Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi adanya ketidak efektifan manajemen pembelajaran
fullday school di MTs Az-Zuhri Tanjung Morawa. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan program fullday
school di MTs Az-Zuhri Tanjung Morawa. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini kualitatif deskriptif yaitu metode pengolahan data dengan cara
menganalisa faktor-faktor yang berkaitan dengan objek penelitian dengan
penyajian data secara lebih mendalam terhadap objek penelitian. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, serta penarikan dan
verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1)
Perencanaan fullday school dimulai dari penyusunan kalender akademik agar
waktu pembelajaran yang diterima secara penuh oleh peserta didik, menyusun
(Rencana Pelaksaan Pembelajaran) RPP, dan silabus, menyusun (Kriteria
Ketuntasan Minimal) KKM, Program Tahunan, Program Semester serta
pengintegrasian pengembangan kurikulum pada setiap mata pelajaran mengacu
pada kurikulum Nasional yang diperkaya dengan kurikulum Depag. (2)
Pengorganisasian dimulai dari yang telah dirancang oleh pihak MTs Az-Zuhri
perihal Pembelajaran fullday telah teratur dan tersusun dengan baik mulai dari
kepala sekolah, Tata Usaha hingga guru-guru yang mengajar di kelas masing masing. (3) Pelaksanaan pembelajaran fullday school yang telah terlaksana di
MTs Az-Zuhri berlangsung dengan baik, akan tetapi ada beberapa hambatan
mulai dari kondisi bangunan yang sedang dalam perbaikan, kurangnya SDM guru,
kurangnya ruang kelas dan beberapa sarana dan prasarana, dan strategi
pembelajaran yang belum maksimal. Saran yang direkomendasikan untuk MTs
Az-Zuhri Tanjung Morawa dalam perencanaan, pengorganisasian dan
pelaksanaan program fullday school adalah kebutuhan kerjasama yang
professional. Penyusunan kalender akademik dan fasilitas sekolah menjadi faktor
penting dalam program fullday school.