Abstract:
Penelitian ini berlatar belakang dari kondisi Pandemi Covid-19 yang
terjadi di Indonesia yang berpengaruh terhadap proses pendidikan di Indonesia.
Sistem pendidikan yang terjadi di Indonesia selama masa pandemi menyebabkan
pembelajaran dialihkan kepada pembelajaran daring. Dengan adanya hal tersebut
penggunaan teknik komunkasi sangat penting bagi seorang guru dalam
menyampaikan material pembelajaran. Teknik komunikasi yang digunakan oleh
guru selama proses pembelajaran daring Covid-19. Pembelajaran daring tentulah
memberikan tantangan pada guru, karena model pembelajaran ini memerlukan
kreativitas serta keterampilan pengajar dalam penggunaan teknologi. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana teknik komunikasi guru dalam
proses pembelajaran selama pandemi Covid-19. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan teknik
pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
dalam penelitian ini, dilakukan data yang diperoleh melalui wawancara mendalam
dan dokumentasi, kemudian data tersebut dipilih dari data yang dikumpulkan,
dianalisis saling berhubungan untuk mendapatkan dugaan sementara dan menarik
kesimpulan dari hasil tersebut. Dari hasil penelitian dapat ditemukan bahwa teknik
komunikasi guru yang digunakan dalam proses pembelajaran selama pandemi
Covid di SMK Negeri 10 Medan adalah teknik komunikasi instruktif, pervasif,
informatif, dan persuasif.