Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah mengkaji masalah menganalisis kesesuian isi,
penyajian, bahasa dan kegrafikan pada buku fiqih kurikulum 2013 jenjang Madrsah
Tsanawiyah kelas VII terbitan Mawaridussalam Press. Dalam bukunya yang berjudul
Pelajaran Fiqih dasar-dasar pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku ajar atau buku
teks.. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, karena lebih
menekankan pada pengumpulan data yang bersifat kualitatif (tidak berbentuk angka).
Jenis penelitiannya adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini
menggunakan dokumen berupa buku-buku ajar fiqih terbitan Mawaridussalam Press
yang diterbitkan tahun 2015 sebagai obyek utamanya. Teknik pengumpulan data yaitu
metode dokumentasi dan studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kelayakan buku ajar fiqih kelas VII semester I dan semester II dari
segi isi kurang sesuai dengan indikator penilaian kelayakan isi buku, karena belum
sesuai dengan kurikulum 2013 mata pelajaran yang berkaitan. Dari segi penyajian
secara umum belum sesauai dengan indikaotor penilaian kelayakan penyajian tersebut.
Penilaian dari aspek kelayakan kebahasaan juga belum sesuai dengan belum sesuai
dengan EYD dan ada beberapa kekeliruan bahasa yang terdapat pada buku ajar ini.
Kemudian, penilaian dari segi aspek kegrafikan buku. Seacara umum, penilaian dari
aspek kegrafikan buku belum sesuai dengan berdasarkan Pusat Perbukuan Nasional.