Abstract:
Penelitan dengan judul Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Kecantikan MS
GLOW Skincare Cabang Medan ini dilakukan untuk menjawab permasalahan dalam
penelitian yaitu bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Ms Glow
agar tetap mempertahankan eksistensi dalam menghadapi persaingan bisnis di Kota
Medan, Sumatera Utara. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah
strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Ms Glow dapat menghadapi
persaingan bisnis di Kota Medan, Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah data model Miles dan Huberman.
Menurut mereka, analisis data kualitatif adalah mereduksi data, menyajikan data, dan
menarik kesimpulan. Narasumber dalam penelitian ini adalah reseller dan pembeli
Produk Ms Glow bertempat di Ms Glow Oryza Jl Wahid Hasyim No 73 V, samping
kiri Hotel Graha Buana, Medan Petisah, Medan. Waktu penelitian ini dimulai dari
bulan agustus 2021. Adapun hasil penelitian ini berdasarkan uji hipotesis adalah
terdapat strategi komunikasi pemasaran terhadap persaingan bisnis selalu
mendapatkan hasil yang memuaskan. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa
dari aspek kepuasan pelanggan, mereka masih membutuhkan adanya banyak promo
baik untuk pelanggan biasa maupun para reseller. Keberhasilan strategi komunikasi
pemasaran Ms Glow yaitu tetap terus memberikan pelayanan yang baik, selalu
memberikan informasi terbaru melalui sosial median berupa Instagram serta tetap
menjaga cita rasa yang khas.