Abstract:
Penelitian ini di latar belakangi oleh kemampuan berpikir kritis peserta didik
menurun selama proses pembelajaran bergelombang. Rumusan masalah yaitu
pengaruh media pop up book terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik
kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media
pop up book terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri
060852 Medan Perjuangan.
Adapun metode dalam penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental
Designs yaitu dalam bentuk One-Group Pretest-Posttest Design.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 060852
Medan Perjuangan. Sampel berjumlah 24 peserta didik. Penelitian ini dilakukan
pada bulan februari 2022 di SD Negeri 060852 Medan Perjuangan. Variabel bebas
pada penelitian adalah media pop up book dan variabel terikat adalah kemampuan
berpikir kritis peserta didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah (1) uji
validitas (2) uji reliabilitas (3) uji normalitas (4) uji homogenitas (5) uji hipotesis
berupa uji t-test. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test yang didahului
dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, model pembelajaran media pop up book
terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada tema 6 di kelas iv sd negeri
060852 medan perjuangan. Hal ini terlihat dari data adalah analisis uji hipotesis
uji t-test menggunakan SPSS 16.0 for windows. Data hasil uji t-test menunjukkan
bahwa nilai Sig (2-tailed)= 0,04 dengan pengambilan keputusan jika signifikasi
<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima