Abstract:
Penelitan dengan judul Pemanfaatan Fotografi Melalui Media Sosial Untuk
Meningkatkan Jumlah Wisatawan Siantar Zoo Pada Masa Pamdemi Covid-19 ini
dilakukan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian yaitu bagaimana
strategi komunikasi pemasaran, pemanfaatan fotografi yang dilakukan Wisata
Siantar Zoo agar tetap mempertahankan eksistensi dalam menjaga jumlah
wisatawan pada masa pandemi untuk datang di Kota Pematangsiantar, Sumatera
Utara. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah strategi
komunikasi pemasaran melalui pemanfaatan fotografi di media sosial yang
dilakukan Wisata Siantar Zoo dapat mempertahankan jumlah wisatawan pada
masa pandemi yang selalu ramai berkunjung di Kota Pematangsiantar, Sumatera
Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah data model Miles dan Huberman. Menurut mereka, analisis data
kualitatif adalah mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Narasumber dalam penelitian ini adalah pekerja dan pengunjung Wisata Siantar
Zoo Jalan Gunung Simanuk manuk No.2, Teladan, Kec. Siantar Barat, Kota
Pematangsiantar, Sumatera Utara. Adapun hasil penelitian ini berdasarkan uji
hipotesis adalah terdapat strategi komunikasi pemasaran melalui pemanfaatan
fotografi melalui media sosial terhadap menjaga jumlah wisatawan pada masa
pandemi untuk datang berkunjung lebih banyak lagi. Hasil analisis kualitatif
menunjukkan bahwa dari aspek kepuasan pengunjung, mereka masih
membutuhkan adanya banyak tiket promo untuk pengunjung. Keberhasilan
strategi komunikasi pemasaran melalui pemanfaatan fotografi di Wisata Siantar
Zoo yaitu tetap terus memberikan pelayanan yang baik, selalu memberikan
informasi terbaru melalui sosial media berupa Instagram serta tetap menjaga citra
nama baik Wisata Siantar Zoo