Abstract:
Pandemi covid-19 memberikan dampak negatif terhadap travel haji dan umroh.
Pembatasan keberangkatan di masa covid-19 mempengaruhi minat masyarakat
untuk ibadah haji dan umroh di masa pandemi dan mempengaruhi pemasukan dari
travel haji dan umroh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana manajemen komunikasi travel PT.Darul umroh AL-Haramain terkait
pembatasan keberangkatan di masa covid-19. Dalam penelitian ini teori yang
digunakan adalah Teori Henry Fayol. Metode dalam penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan menganalisis data, mengolah dan mendeskripsikan kata,
menarik kesimpulan secara kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan pandemi covid-19 memberikan efek buruk bagi travel PT.Darul
umroh AL-Haramain. Manajemen komunikasi PT.Darul umroh AL-Haramain
mengendalikan danmerancang solusi terhadap situasi yang terjadi terhadapmereka.