Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh: Sarana belajar, Inovasi
Belajar, Motivasi terhadap Efektifitas Pembelajaran Daring dan pengaruh Sarana
Belajar Inovasi Belajar dan Motivasi secara bersama-sama terhadap Efektifitas
Pembelajaran Daring di MTsS Se-Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten
Simalungun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada pada MTsS Se Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun, yang berjumlah 144 Orang.
Berdasarkan hasil perhitungan rumus slovin maka di ketahui jumlah sampel yang akan di
teliti sebanyak 59 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan
dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Selanjutnya
dilakukan uji validitas, reabilitas, Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear
berganda, Koefisien Determinasi, uji hipotesis secara langsung dengan uji F dan secara
parsial dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil uji hipotesis secara
parsial menunjukkan bahwa nilai thitung untuk variabel Sarana Belajar adalah 2,343 dan
ttabel dengan α = 5% diketahui sebesar 1,67 dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel
dan nilai signifikan Sarana Belajar 0.023 < 0.05 artinya dari hasil tersebut didapat
kesimpulan bahwa H0 ditolak (Ha diterima). Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan
bahwa nilai thitung Variabel kontrol sebesar 2,963 dan t tabel dengan alpha = 5% dianggap
sebesar 1,67, sehingga t hitung lebih besar dari t tabel dan nilai pengawasan yang
signifikan sebesar 0.004 < 0.05 yang berarti dapat disimpulkan dari temuan tersebut bahwa
H0 adalahditolak (Ha diterima). Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa nilai
thitung untuk variabel Motivasi belajar adalah 2,619 dan ttabel dengan α = 5% diketahui
sebesar 1,67 dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel dan nilai signifikan Motivasi
Belajar sebesar 0.011 < 0.05 artinya dari hasil tersebut didapat kesimpulan bahwa H0
ditolak (Ha diterima). Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa nilai Fhitung
untuk variabel Sarana Belajar, Inovasi pembelajaran dan Motivasi Belajar adalah 7,497
dan Ftabel dengan α = 5% diketahui sebesar 2,77 dengan demikian Fhitung lebih besar dari
Ftabel artinya dari hasil tersebut didapat kesimpulan bahwa H0 ditolak (Ha diterima)
menunjukkan bahwa Sarana Belajar, Inovasi pembelajaran dan Motivasi Belajar secara
bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Efektifitas Pembelajaran pada MTsS Se Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun