Research Repository

PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI SUPERVISI DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU SD DI KECAMATAN BATANG KUIS

Show simple item record

dc.contributor.author RAISAL, NUR ‘AFIYAH
dc.date.accessioned 2022-05-27T01:56:53Z
dc.date.available 2022-05-27T01:56:53Z
dc.date.issued 2022-03-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17927
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah, kompetensi supervisi dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Batang Kuis. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dan untuk menganalisis pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD di Kecamatan Batang Kuis yang berjumlah 359 orang yang tersebar di 28 sekolah dasar, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 189 guru. Dalam memperoleh sampel yang cukup representatif, dalam penelitian ini digunakan teknik proporsional random sampling karena setiap sekolah mempunyai jumlah guru yang berbeda. Instrumen penelitian menggunakan angket yang terlebih dahulu sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 5.1% yang artinya apabila kompetensi manajerial kepala sekolah membaik, maka kinerja guru akan meningkat pula. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi supervisi terhadap kinerja guru sebesar 6.3% yang artinya apabila kompetensi supervisi membaik, maka kinerja guru akan meningkat pula. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara profesionalisme guru terhadap kinerja guru sebesar 3.5% yang artinya apabila profesionalisme guru membaik, maka kinerja guru akan meningkat pula. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah, kompetensi supervisi, dan profesionalisme guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 12.1% yang artinya apabila ketiga variabel independen ini meningkat maka akan membaik pula variabel terikat yaitu kinerja guru. en_US
dc.subject Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah en_US
dc.subject Kompetensi Supervisi en_US
dc.subject Profesionalisme Guru en_US
dc.subject Kinerja Guru en_US
dc.title PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI SUPERVISI DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU SD DI KECAMATAN BATANG KUIS en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account