Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi manajerial kepala
sekolah, kompetensi supervisi dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru SD
di Kecamatan Batang Kuis. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan
kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dan untuk
menganalisis pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh guru SD di Kecamatan Batang Kuis yang berjumlah
359 orang yang tersebar di 28 sekolah dasar, sedangkan sampel yang digunakan
berjumlah 189 guru. Dalam memperoleh sampel yang cukup representatif, dalam
penelitian ini digunakan teknik proporsional random sampling karena setiap
sekolah mempunyai jumlah guru yang berbeda. Instrumen penelitian menggunakan
angket yang terlebih dahulu sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara
kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 5.1% yang
artinya apabila kompetensi manajerial kepala sekolah membaik, maka kinerja guru
akan meningkat pula. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara
kompetensi supervisi terhadap kinerja guru sebesar 6.3% yang artinya apabila
kompetensi supervisi membaik, maka kinerja guru akan meningkat pula. (3)
Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara profesionalisme guru terhadap
kinerja guru sebesar 3.5% yang artinya apabila profesionalisme guru membaik,
maka kinerja guru akan meningkat pula. (4) Terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah, kompetensi supervisi, dan
profesionalisme guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 12.1%
yang artinya apabila ketiga variabel independen ini meningkat maka akan membaik
pula variabel terikat yaitu kinerja guru.