Abstract:
Penelitan dengan judul Strategi Komunikasi Bisnis SAMASE Dalam Membangun
Brand Di Kota Medan ini dilakukan untuk menjawab permasalahan dalam
penelitian yaitu bagaimana strategi komunikasi bisnis yang dilakukan Samase
agar tetap mempertahankan eksistensi dalam menghadapi persaingan bisnis di
Kota Medan, Sumatera Utara. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
apakah strategi komunikasi bisnis yang dilakukan Samase dapat menghadapi
persaingan bisnis di Kota Medan, Sumatera Utara. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi,
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data model Miles
dan Huberman. Menurut mereka, analisis data kualitatif adalah mereduksi data,
menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Narasumber dalam penelitian ini
adalah staff dan pengunjung Samase bertempat di Shahih Gallaery Jl Halat No 34
B Medan Kota Matsum IV, Kec. Medan Area, Kota. Waktu penelitian ini dimulai
dari bulan Maret 2021.Adapun hasil penelitian ini berdasarkan uji hipotesis adalah
terdapat strategi komunikasi pemasaran terhadap persaingan bisnis selalu
mendapatkan hasil yang memuaskan. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa
dari aspek kepuasan pelanggan, mereka masih membutuhkan adanya banyak
promo baik untuk pelanggan biasa maupun para reseller. Keberhasilan strategi
komunikasi pemasaran Samase yaitu tetap terus memberikan pelayanan yang
baik, selalu memberikan informasi terbaru melalui sosial median berupa
Instagram serta tetap menjaga cita rasa yang khas.