Abstract:
Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan model pembelajaran
cooperative tipe make a match pada mata pelajaran fikih di MTs fastabiqul
khairat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan model
pembelajaran make a match pada mata pelajaran fikih di MTs fastabiqul khairat,
untuk mengetahui bagaimana perencanaan model pembelajaran make a match
pada mata pelajaran fikih di MTs fastabiqul khairat, untuk mengetahui apa saja
kendala yang dihadapi dalam menerapkan model pembelajaran make a match
pada mata pelajaran fikih di MTs fastabiqul khairat. Bagaimana pelaksanaan
model pembelajaran kooperatif tipe make a match disekolah MTs fastabiqul
khairat?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Dengan subjek 10 orang
siswa diambil dari kelas VII A yang menggunakan model pembelajaran make a
match, masing-masing subjek akan diwawancara untuk mendapatkan informasi
mengenai Model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran
fikih di MTs fastabiqul khairat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan januari
sampai bulan maret. Berdasarkan deskripsi hasil penelitian dan pembahasan, maka
dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan
model pembelajaran cooperative tipe make a match dapat meningkat. Berdasarkan
peneliti yang sudah diakukan dapat disimpulkan bahwa guru sudah menerapkan
model pembelajaran kooperatif make a match dalam pembelajaran PAI yaitu pada
mata pelajaran fikih. Model Pembelajaran kooperatif make a match dirasa mampu
membangkitkan semangat dan motivasi siswa dalam mengikuti proses
pembelajaran. Dimana siswa akan lebih merasa paham dengan menggunakan
gambar dan belajar sambil bermain