Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik
pada proses belajar dengan menggunakan media kahoot, kurangnya pelaksanaan
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media kahoot dan
apakah ada pengaruh penggunaan media kahoot terhadap motivasi belajar peserta
didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik pada
proses belajar dengan menggunakan media kahoot, untuk mengetahui pelaksanaan
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media kahoot dan
untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kahoot terhadap motivasi belajar
peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 12 Binjai yang
beralamat di Jl. K.H. A. Dahlan No. 4, Kartini, Kec. Binjai Kota, Kota Binjai,
Sumatera Utara 20713. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas
VIII SMP Muhammadiyah 12 Binjai yang berjumlah 34 orang. Dengan sampel
penelitian Total sampling, yakni seluruh populasi menjadi sampel.
Ada perbedaan nilai rata-rata antara kelas sebelum menggunakan media
(48,73529) dan kelas sesudah menggunakan media (53,06897), dapat dilihat
bahwa nilai rata-rata pada kelas sesudah menggunakan media lebih tinggi
dibanding nilai rata-rata pada kelas sebelum menggunakan media
(53,06897>48,73529). Kemudian dari hasil uji t di peroleh dari t hitung > t tabel
yaitu 21,332 > 2,036933 maka terdapat pengaruh signifikan antara variabel X
terhadap variabel Y. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ‘’Ada pengaruh
penggunaan media kahoot terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 12 Binjai’’