dc.contributor.author | HIDAYAT, RAHMAT | |
dc.date.accessioned | 2022-05-25T01:39:51Z | |
dc.date.available | 2022-05-25T01:39:51Z | |
dc.date.issued | 2022-05-25 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17877 | |
dc.description.abstract | Komunikasi interpersonal sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua individu atau di antara sekelompok individu, dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik seketika. komunikasi interpersonal adalah sebuah proses dan usaha individu atau kelompok dalam memberi pengaruh dengan menyampaikan informasi atau pesan yang dimaksud kepada individu lain baik secara verbal maupun nonverbal sehingga mendapat umpan balik dan terjadi interaksi antara kedua pihak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan kurangnya kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas XI Perkantoran SMK PAB 3 Medan Estate. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan objek penelitian sebanyak 9 orang siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara yang sesuai dengan Pelaksanaan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersona siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Pelaksanaan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal siswa yang awalnya hanya berkisar 52% sudah berhasil dilaksanakan dengan tingkat keberhasilan 87% berdasarkan tes pemahaman yang telah dilaksanakan dan berdasarkan perubahan perilaku siswa dalam hal kemampuan komunikasi | en_US |
dc.subject | Kemampuan Komunikasi | en_US |
dc.subject | Bimbingan Kelompok | en_US |
dc.title | Pelaksanaan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI Perkantoran SMK PAB 3 Medan Estate Tahun Ajaran 2021/2022 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |