Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi pandemi Covid-19 yang mulai mengalir
ke Indonesia. Semua fasilitas, termasuk pendidikan, akan berhenti dan ditutup
sementara, hal ini tentunya juga berdampak kepada siswa penyandang disabilitas
Tunadaksa yang bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB). Ketentuan pelaksanaan
pembelajaran jarak jauh yang berlaku saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi
guru yang mengajar di sekolah luar biasa. Oleh karena itu, penggunaan teknik
komunikasi bagi guru untuk melakukan dan menyampaikan pembelajaran sangat
diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik komunikasi
interpersonal guru pada anak penyandang disabilitas Tunadaksa selama masa
pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa
wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, teknik komunikasi
yang digunakan guru pada anak penyandang disabilitas Tunadaksa dalam proses
belajar mengajar online selama pandemi Covid-19 adalah teknik komunikasi
persuasif dan teknik komunikasi pervasif.