Research Repository

MODEL KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DALAM MEMOTIVASI SEMANGAT BELAJAR ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19

Show simple item record

dc.contributor.author LESTARI, SHINTYA
dc.date.accessioned 2022-05-23T08:34:22Z
dc.date.available 2022-05-23T08:34:22Z
dc.date.issued 2022-05-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17836
dc.description.abstract Penelitian ini latar belakang dari kondisi pandemi COVID-19 dan proses komunikasi orangtua dan anak. Untuk mencegah perkembangan COVID-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghimbau agar siswa belajar online atau daring di rumah. Perubahan kegiatan ini membuat orangtua dan anak menjadi lebih sering berkomunikasi langsung. Berjalannya waktu, pemerintah mengemukakan konsep “New Normal” membuat segala aktivitas sudah bisa dilakukan diluar seperti sekolah tetapi tetap menjalankan protokol kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model komunikasi interpersonal orangtua dalam memotivasi semangat belajar anak dimasa pandemi COVID-19. Subjek penelitian ini adalah orangtua sebagai informan, pada penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif, dengan teknik purposive sampling. Tujuan menggunakan kualitatif adalah untuk menggambar secara sistematis fakta fakta dan karakteristik bidang tertentu secara cermat dan jelas dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah orangtua menggunakan Model Lasswell dan Model Newcomb yang diterapkan saat berkomunikasi dengan anak. Motivasi belajar yang dibangun orangtua terhadap anak juga terdapat 2 jenis yaitu, motivasi ekstrinsik dan instrinsik. en_US
dc.subject Model Komunikasi en_US
dc.subject Motivasi belajar en_US
dc.title MODEL KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DALAM MEMOTIVASI SEMANGAT BELAJAR ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account