Abstract:
Penelitian ini latar belakang dari kondisi pandemi COVID-19 dan proses
komunikasi orangtua dan anak. Untuk mencegah perkembangan COVID-19,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghimbau agar siswa belajar online
atau daring di rumah. Perubahan kegiatan ini membuat orangtua dan anak menjadi
lebih sering berkomunikasi langsung. Berjalannya waktu, pemerintah
mengemukakan konsep “New Normal” membuat segala aktivitas sudah bisa
dilakukan diluar seperti sekolah tetapi tetap menjalankan protokol kesehatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model komunikasi interpersonal
orangtua dalam memotivasi semangat belajar anak dimasa pandemi COVID-19.
Subjek penelitian ini adalah orangtua sebagai informan, pada penelitian ini
menggunakan metode deskripsi kualitatif, dengan teknik purposive sampling.
Tujuan menggunakan kualitatif adalah untuk menggambar secara sistematis fakta fakta dan karakteristik bidang tertentu secara cermat dan jelas dengan wawancara
dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah orangtua menggunakan Model
Lasswell dan Model Newcomb yang diterapkan saat berkomunikasi dengan anak.
Motivasi belajar yang dibangun orangtua terhadap anak juga terdapat 2 jenis
yaitu, motivasi ekstrinsik dan instrinsik.