Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Google Classroom
dengan Pendekatan Asinkronus terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program
Studi Bahasa Indonesia FKIP UMSU. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
kuantitatif dengan metode penelitian experiment.Subjek dalam penelitian ini
adalah Mahasiswa semester III Program Studi Bahasa Indonesia FKIP UMSU
berjumlah 37 Mahasiswa.Objek yang di teliti adalah penggunaan google
classroom terhadap motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Pemerolehan
dan Pembelajaran Bahasa.Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner
berupa model rating scala.Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji
paired sample T-test. Berdasarkan uji statistic T-paired diperoleh nilai rata-rata
perbedaan antara pretest (sebelum diberikan treatmen) dengan posttest (setelah
diberikan treatment) yaitu -7,7973 dengan standar deviasi 11,4331 dan didapatkan
nilai signifikan (2-tailed) 0,000 maka
di terima dan
di tolak yang artinya
ada perbedaan yang signifikan terhadap pemerolehan nilai pretest dan posttest.