Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah dalam pembelajaran akidah akhlak di sekolah
SMP Muhammdiyah 02 Medan bertujuan untuk mengetahui implementasi
multimedia interaktif di sekolah SMP Muhammdiyah 02 Medan, untuk
mengetahui pelasksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di sekolah SMP
Muhammdiyah 02 Medan, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat pembelajaran akidah akhlak yang ada pada sekolah SMP
Muhammadiyah 02 Medan. Latar belakang SMP Muhammadiyah 02 Medan
adalah salah satu lembaga yang telah mengapresiasi dengan baik perkembangan
teknologi dan mulai memanfaatkan keberadaannya sebagai media pembelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif Deskriptif dengan
sumber datanya dari primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan
cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis Data menggunakan
Koleksi data, Kondensasi data, penyajian data, dan verification. Dari hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan multimedia interaktif sangat membantu
guru dalam melakukan proses pembelajaran sehingga suasana kelas lebih aktif
dan menarik bagi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaittu : Implementasi
multimedia interaktif pada materi aqidah akhlak memberikan hasil pemahaman
siswa meningkat karena adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran
tersebut, hal ini terbukti dengan evaluasi hasil yang dilakukan oleh guru.