Abstract:
Banyak perusahaan yang menggunakan cara-cara tertentu untuk menarik
minat beli dari para calon konsumen. UNIQLO merupakan salah satu brand
pakaian asal Jepang yang menggunakan cara kolaborasi atau kerja sama dengan
brand lain sebagai salah satu alat untuk menarik minat dari para konsumen. Dan
diketahui pada tanggal 04 Juni 2021, UNIQLO mengadakan kolaborasi dengan
anime yang sedang naik daun, yaitu Jujutsu Kaisen.Penelitian ini dilakukan untuk
melihat apakah dengan adanya kolaborasi antara UNIQLO dan Jujutsu Kaisen
berpengaruh terhadap minat beli dari fans Jujutsu Kaisen. Disamping itu, dengan
menggunakan uji koefisiensi determinasi ingin diketahui pula seberapa besar
pengaruh antara hubungan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian asosiatif dengan pendekatan metode kuantitatif. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah bauran pemasaran 4p dan juga teori AIDDA.Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa kolaborasi antara UNIQLO dan Jujutsu Kaisen
berpengaruh kuat terhadap minat beli dari fans Jujutsu Kaisen di Medan dengan
nilai t hitung 8,004 > t tabel 1,663. Berdasarkan pada hasil uji koefisien
determinasi, nilai R-square memiliki nilai sebesar 0,439 atau sebesar 43,9% yang
berarti minat beli fans Jujutsu Kaisen dapat dijelaskan oleh kolaborasi UNIQLO
dan Jujutsu Kaisen, sedangkan untuk sisanya sebesar 56,1% dipengaruhi oleh
variabel lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini.