Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode
pemberian tugas terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK YWKA Medan, tahun
pembelajaran 2016/2017, untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap
hasil belajar siswa kelas XI SMK YWKA Medan, tahun pembelajaran 2016/2017,
studi akuntansi dan untuk mengetahui metode pemberian tugas dan motivasi
belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK YWKA Medan, tahun
pembelajaran 2016/2017.
Adapun masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah peserta didik
yang kurang memiliki motivasi didalam dirinya akan cenderung malas untuk
belajar. Siswa yg tidak disiplin belajar ketika guru sedang menjelaskan materi,
terlihat dari masih adanya siswa yg menggunakan hp ketika belajar.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK YWKA Medan kelaS XI Akuntansi
tahun pembelajaran 2016/2017. Sekolah ini beralamat dijalan Brayan Bengkel no.
17 Kel. Pulo Brayan Bengkel Kec.Medan Timur. Adapun yang menjadi subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK YWKA Medan tahun pelajaran
2016/2017 yang berjumlah 40 orang, yang terdiri laki-laki 2 orang dan perempuan
38 orang. Teknik pengambilan sampel ini adalah dengan menggunakan Total
Sampling sebanyak satu kelas dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang siswa.
Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa pengaruh Metode pemberian tugas
terhadap hasil belajar Siswa ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,393. Nilai
0,393 menunjukkan pengaruh yang agak rendah antara Metode pemberian tugas
terhadap hasil belajar Siswa. Pengaruh Motivasi belajar terhadap hasil belajar
Siswa ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,583. Nilai 0,583 menunjukkan
pengaruh yang agak rendah antara Motivasi belajar terhadap hasil belajar Siswa.
Pengaruh X1 terhadap Y adalah 15,5%, sedangkan pengaruh X2 terhadap Y adalah
34,0%.