Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengelolaan model
pembinaan tahfizd qur’an di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal, apa saja faktor
pendukung dalam pengelolaan model pembinaan tahfizd qur’an di SMA
Muhammadiyah 18 sunggal, dan apa saja faktor penghambat dalam pengelolaan
model pembinaan tahfizd qur’an di SMA Muhammadiyah 18 sunggal. Metode
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif
kualitatif, teknik pengujian data menggunakan data triangulasi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model pembinaan
tahfizd Qur’an menggunakan model talqin dalam menghafal al-Qur’ān di SMA
Muhammadiyah 18 Sunggal ialah dimulai dengan membaca perayat Al-Qur’an,
kemudian dilanjutkan dengan mengulang ayat demi ayat. Faktor pendukung
dalam kegiatan tahfizd Qur’an di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal kegiatan ini
didukung langsung oleh kepala sekolah, dan antusias siswa dalam mengikuti
program tahfizd Qur’an.Dan diadakannya wisuda diakhir semester yang
memotivasi siswa agar lebih giat untuk menghafal Qur’an. Faktor penghambat
yang ada disekolah ini ialah masih ada siswa yang belum lancar membaca Al Qur’an, hal ini di sebabkan kurangnya kerja sama antara wali kelas dan guru
pembina tahfizd Qur’an.