Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan bahwasanya dalam menumbuhkan
kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI) ini perlu diterapkan pembelajaran Higher Order Thinking Skill
(HOTS). Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana pelaksanaan
pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam, bagaimana kendala dalam pembelajaran Higher Order
Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, bagaimana
evaluasi pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Tujuan umum dari
penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Higher Order
Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ini
diterapkan di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan
deskriptif. Hasil penelitian tentang implementasi pembelajaran Higher Order
Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Muhamadiyah 57 Medan adalah bahwa peneliti mengamati implementasi
pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran PAI di
sekolah sudah berjalan lumayan baik, SMP Muhammadiyah 57 Medan
menerapkan pembelajaran HOTS dengan menggunakan metode-metode yang
variatif mulai dari metode diskusi, metode tanya jawab dan metode Problem
solving, SMP Muhammadiyah 57 Medan melakukan evaluasi dengan
melaksanakan penerapan ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan
akhir semester dengan soal-soal yang berbasis HOTS yang berbasis
pengembangan materi dengan mengumpulkan referensi-referensi lain dan soal soal yang berbasis permasalahan yang kontekstual.