Abstract:
Penelitihan ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran ubi jalar di
Desa Sei Beras Sekata, untuk mengetahui berapa margin pemasaran ubi jalar di
Desa Sei Beras Sekata, dan untuk mengerahui tingkat efesiensi pemasaran ubi
jalar di Desa Sei Beras Sekat Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serang.
Penelitihan ini berlokasi di Desa Sei Beras Sekata, Kecamatan Sunggal,
Kabupaten Deli Serdang pemilihan lokasi di lakukan secara sengaja (purposive )
pengumpulan data di gunakan dengan wawancara memberikan daftar kwisyoner
dan dokumentasi. Sumber data yang di gunakan adalah sumber data primer dan
skunder. Metode analisis data yang di gunakam dalam penelitihan ini adalah
metode sempel jenuh /sensus, yaitu dengan mengambil semua populasi sebagai
sempel.
Hasil penelitihan menunjukan aktifitas pemasaran ubi jalar di Desa Sei
Beras Sekata terdiri dari dua saluran pemasaran, 1. Sakuran pemasaran yang
pertama petani ke konsumen akhir, yang ke dua petani-pengumpul-pengecer konsumen akhir. 2. Margin pemasaran biaya pemasaran terdiri dari biaya
transportasi, tenaga kerja dan biaya pengemasan untuk tiap-tiap lembaga
pemsaran syar margin yang di peroleh dari saluran I sebesar 100%. Sher margin
yang di peroleh pada saluran II Gread A sebesar 25% , dan pada Gread B sebesar
19%. 3. Efesiensi pemasaran pada saluran I sebesar 5% efesiensi pada saluran II
Gread A sebesar 17%, dan efesiensi pada saluran II Gread B sebesar 20%