Abstract:
Penelitian ini berjudul ”aktivitas komunikasi pemasaran dinda hantaran dalam
menarik minat jasa dekorasi hantaran di kabupaten batu bara”. komunikasi
pemasaran adalah sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan,
membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung
tentang produk dan merek yang mereka jual. Aktivitas komunikasi pemasaran
merupakan kombinasi yang cocok dalam memperkenalkan suatu produk kepada
masyarakat agar mereka tertarik dan berminat terhadap produk tersebut.
Penerapan strategi dalam jalur pemasaran yang dilakukan Dinda Hantaran
berguna dalam menarik minat jasa terhadap dekorasi hantaran yang nantinya akan
meningkatkan peminat jasa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana aktivitas komunikasi pemasaran dinda hantaran dalam
menarik minat jasa dekorasi hantaran di kabupaten batu bara. Teori yang
digunakan yaitu bauran pemasaran, product, price, place, dan promotion. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Informan penelitian
ini terdiri dari lima orang, satu merupakan pemilik jasa dekorasi, satu lagi
merupakan admin jasa dekorasi dan tiga lainnya merupakan konsumen dekorasi
hantaran. Pengumpulan data digunakan dengan wawancara mendalam, observasi,
dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan aktivitas komunikasi
pemasaran dinda hantaran yang meliputi, product, price, place, dan promotion.