Abstract:
Penelitian ini membahas mengenai Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan
Agama Islam di SMA Muhammadiyah 01 Medan. Adapun pokok-pokok
permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah (1) apa saja kesulitan
belajar yang dialami peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMA Muhammadiyah 01 Medan?, (2) apa saja faktor-faktor yang
menyebabkan kesulitan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
di SMA Muhammadiyah 01 Medan?, (3) Bagaimana cara mengatasi kesulitan
belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 01 Medan?
Tujuan penelitian ini adalah agar mengetahui kesulitan belajar yang
dialami peserta didik, untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan
kesulitan belajar pada peserta didik, serta untuk mengetahui cara mengatasi
kesulitan belajar yang dialami peserta didik. Sedangkan manfaat dari penelitian
ini agar dapat digunakan sebagai tambahan pengetahuan dan wawasan dalam
penelitian di masa berikutnya, untuk sekolah sebagai sarana untuk memperbaiki
sistem pengajaran dan bagi guru sebagai bahan masukan untuk meningkatkan
motivasi, minat dan semangat peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ada dua faktor yang
menyebabkan kesulitan belajar siswa yaitu faktor internal yang berasal dari
dalam diri peserta didik itu sendiri dan faktor eksternal yang berasal dari luar
peserta didik. Faktor internal yang dihadapi peserta didik di SMA
Muhammadiyah 01 Medan adalah rendahnya minat dan motivasi dalam belajar
dan rendahnya kemampuan membaca al-Quran. Selain itu, faktor eksternal yang
dihadapi oleh peserta didik di SMA Muhammadiyah 01 Medan meliputi faktor
sekolah, faktor guru dan faktor keluarga