Abstract:
Perkembangan gerai durian di Kota Medan semakin meningkat, sehingga
mengakibatkan persaingan yang ketat antar tiap gerai durian. Setiap gerai durian
harus dapat menciptakan harga, produk, dan kualitas pelayanan yang memenuhi
harapan konsumennya. Adapun gerai durian paling terkenal di Kota Medan
adalah Ucok Durian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
karakteristik konsumen di `Ucok Durian`, untuk mengetahui tingkat kepuasan
konsumen `Ucok Durian` untuk mengetahui pengaruh faktor harga, produk dan
kualitas pelayanan, terhadap kepuasan konsumen `Ucok Durian`.
Penelitian ini dilakukan di kota Medan tepatnya di Ucok Durian. Jumlah
populasi konsumen dalam penelitian ini tidak diketahui secara pasti maka
digunakan metode non-probability sampling. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 30 orang konsumen, yang dilakukan dengan metode accidental
sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner
dan metode interview. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif,
Analisis CSI untuk menilai Indeks kepuasan konsumen, dan Structural Equation
Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS).
Berdasarkan hasil penelitian tingkat kepuasan konsumen Ucok Durian
berada pada kategori “sangat puas” dengan nilai sebesar 91.7 persen. Hasil
penelitian ini juga menunjukan bahwa atribut kepuasan konsumen yang
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Ucok Durian
adalah atribut produk dan kualitas pelayanan. Sementara atribut harga memiliki
pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen.