Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru sejarah
kebudayaan Islam di MTs. Ulumul Qur’an. Apa faktor-faktor kejenuhan yang
dirasakan siswa dalam proses belajar dan cara guru mengatasi kejenuhan dalam
kegiatan belajar mengajar di MTs. Ulumul Qur’an. Dan apa peran yang guru
dalam proses pembelajaran selain daripada mengajar. Jenis penelitian ini adalah
deskripsi kualitatif dengan metode kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu
data primer yang diperoleh dengan observasi langsung dilapangan dan data
sekunder diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam terhadap para
informan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) faktor yang menyebabkan
siswa merasakan jenuh ketika kegiatan pembelajaran berlangsung yaitu
dikarenakan siswa merasa mengantuk, capek, dan banyaknya guru memberikan
tugas dan juga disekolah mencatat terlalu banyak, sehingga siswa merasa bosan
mengikuti kegiatan yang seperti itu setiap kegiatan belajar berlangsung. (2)
strategi guru dalam mengatasi kejenuhan yang dirasakan siswa dalam belajar
dengan membawakan beragam variasi dalam mengajar seperti menerapkan
mengulang materi yang lalu sebelum memasuki materi yang baru sehingga siswa
tidak lupa materi itu, dan belajar disertai selingan juga candaan dan membawakan
cerita yang memotivasi siswa untuk meningkatkan minat siswa terhadap
pembelajaran sehingga siswa merasa tertarik untuk ikut dalam kegiatan suasana
belajar yang menyenangkan. (3) peran guru dalam proses pembelajaran tidak
hanya sekedar mengajar seperti yang dilihat oleh siswa selama ini didalam kelas
tetapi lebih dari itu, guru juga ibarat orang tua yang kedua bagi siswa untuk
mendidik, membimbing, mengarahkan, menasehati, juga sebagai teladan yang
baik untuk siswa.