Abstract:
Penelitian ini dilakukan pada pedagang UMKM lingkungan Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara, tujuan penelitian yaitu mengetahui strategi Promosi
pedagang UMKM untuk meningkatkan pendapatan di masa pandemic covid-19.
Penelitian yang dilakukan adalah pendekatan deskriptif kualitatif ialah suatu
analisa data yang bersifat penjelasan dan informasi yang akan dikaitkan dengan teori teori yang akan dibahas dalam penelitian kualitatif dan memberikan kesimpulan dari
penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah pedagang UMKM di sekitar kawasan kampus
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi, sumber data yang
digunakan ialah data primer dan sekunder, dan analisis data terdiri dari teknik
induktif,teknik deduktif dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh mengenai strategi promosi pedagang UMKM
untuk meningkatkan pendapatan di masa pandemic covid-19 (Studi kasus UMKM
lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara) menggunakan konsep bauran
promosi (Promotion mix) untuk meningkatkan pendapatannya di masa pandemic covid 19 diantaranya penerapan strategi promosi perikalanan (Advertising), penjualan
personal (Personal Selling), menggunakan media promosi dan promosi penjualan (Sales
Promotion) dengan penerapan strategi tersebut mereka mampu meningkatkan
pendapatan di masa pandemic covid-19.