Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar
siswa sebelum dan setelah menggunakan perangkat multimedia dan untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan perangkat multimedia
terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs
Aisyiyah Binjai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa dengan menggunakan perangkat multimedia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen, subjek dari
penelitian ini adalah peserta didik pada kelas VIII-B MTs Aisyiyah Binjai. Teknik
pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah penyebaran angket, observasi
dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji
normalitas, homogenitas dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi
23.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah: (1) motivasi belajar siswa
sebelum menggunakan perangkat multimedia memiliki nilai rata-rata 75,34, (2)
motivasi belajar siswa setelah menggunakan perangkat multimedia memiliki rata rata 98,97, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan perangkat
multimedia terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak
di MTs Aisyiyah Binjai.