Abstract:
Penelitian ini berjudul Personal Branding Zahir Bupati Kabupaten Batu Bara dalam
aktivitas sosial Di Media instagram, bertujuan untuk mengetahui personal
branding Zahir dalam aktivitas sosial di media instagram nya. Adapun metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur dan dokumentasi yang
dilakukan kepada enam orang informan dalam penelitian. Informan dalam
penelitian ini pengikut aktif dari akun instagram @zahirmap. Teknik analisis data
yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan reduksi data,
penyajian data dan pengujian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
personal branding Zahir dalam aktivitas sosial di media instagram yaitu dengan
mempublikasikan postingan nya dalam aktivitas sosial kemasyarakatan dan
kepemerintahan seperti turun dalam kegiatan vaksinasi, melayat, pemberian
sembako, sumbangan anak yatim, memberi bantuan kepada korban banjir dan
kebakaran, hadir pada acara ibadah dan keagamaan seperti shalat berjamaah, MTQ
dan natal, turun kepasar, tempat wisata untuk masyarakatnya, menghadiri acara
PEMKAB (Pemerintahan Kabupaten), menjadi narasumber dan menghadiri acara
award. Melalui delapan konsep personal branding dari akun instagram @zahirmap
menonjolkan 6 konsep diantaranya, yaitu: Spesialisasi, Kepemimpinan,
Kepribadian, Terlihat, Kesatuan dan Nama baik. Personal branding dalam aktivitas
sosial di media instagram berhasil mempengaruhi pandangan informan terhadap
sosok Zahir yang tentunya merupakan pandangan dengan citra yang positif.