Abstract:
Desain Visual memiliki peran penting dalam sebuah iklan untuk memperkenalkan
produknya melalui media, bukan hanya bentuk iklan biasa namun juga harus
memiliki desain komunikasi visual sesuai isi dan tujuan dari iklan tersebut yang
akan disebarluaskan kepada khalayak. Iklan Good Day merupakan iklan produk
minuman kopi yang selalu mengembangkan konsep iklan disetiap varian, pada
produk iklan Good Day Avocado Delight terdapat elemen-elemen visual yang
digambarkan sehingga terbentuk suatu visual indah yang memberikan makna
pesan didalamnya. Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan dan menjelaskan
bentuk desain visual pada iklan Good Day Avocado Delight. Metode penelitian
menggunakan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan bantuan
Semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan
dokumentasi dengan meng-capture scene iklan. Hasil penelitian menujukkan
terdapat 7 scene yang dinilai memiliki desain visual dengan memiliki elemen elemen visual pada iklan. Dalam 7 scene terdapat warna colourfull yang bersatu
dengan didominasi pada warna hijau, coklat, kuning, biru, bentuk pulau yang
berbentuk buah alpukat ditengah laut, balon udara berbentuk buah alpukat dan biji
kopi. Menganalisis dengan mengkaji makna Denotasi, Konotasi dan Mitos pada
Good Day dalam iklannya yang memberikan pesan bahwa orang-orang punya
banyak rasa dan pilihan yang dapat membuat kehidupan lebih berwarna, dapat
membawa keceriaan, kebahagiaan, ketenangan, kenyamanan.