Abstract:
Salah satu usaha tanaman hias yang bisa dilakukan adalah dengan
membudidayakan atau menjual tanaman anggrek. Menurut para ahli botani, di
dunia terdapat lebih dari 43.000 spesies anggrek yang terdaftar. Keanekaragaman
jenis anggrek yang tinggi memberikan kemungkinan bagi pengembangan untuk
memproduksi aneka jenis anggrek, baik sebagai bunga potong maupun sebagai
tanaman hias berbunga.Walaupun dengan produksi yang menurun permintaan
anggrek baik sebagai tanaman maupunsebagai bunga potong masih cukup besar,
itulah yang menjadi dasar ketertarikan untuk melakukan penelitian ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui bagaimana proses dalam
pengambilan keputusan pembelian anggrek, (2) Menganalisis pengaruh faktor
budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis dalam pengambilan
keputusan pembelian anggrek, (3)Mengetahui Bagaimana pengaruh bauran
pemasaran dalam keputusan pembelian anggrek.
Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik
pengambilan sampel aksidental (Accidental sampling). Sampel yang diteliti
sebanyak 30 responden yang membeli anggrek ditempat usaha Yusra Dan WindaWan
Florist.
Metode
analisis
data
yang
digunakan
adalah
metode
dekriptif
dan
analisis
faktor
yaitu
pengujian
korelasi
antara
variabel
dengan
metode
Bartlentt”
Test of Sphrecity dan pengukuran Keiser Meyer Olkin Measure of Sampling
Adequancy (KMO-MSA).
Dari jumlah responden keputusan pembelian konsumen ingin membeli
anggrek karena sedang ingin memiliki anggrek sebesar yaitu sebesar 46,7%, ingin
menikmati keindahan anggrek yaitu sebesar 63,3% dan dengan output kepuasan
yaitu sebesar 76,7%.
Dari hasil pengujian KMO-MSA dapat disimpulkan bahwa secara
keseluruhan variabel yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian
anggrek ditempat usaha Yusra dan Windha-Wan Florist yaitu variabel faktor
budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi memiliki pengaruh yang
nyata terhadap keputusaan konsumen dimana nilai masing-masing variabel
melebihi kriteria yaitu >0,5
Dalam pengujian KMO-MSA pada variabel bauran pemasaran yaitu faktor
produk, faktor harga, faktor promosi, faktor lokasi didapatkan pengaruh yang
nyata terhadap keputusan pembelian konsumen karena melebihi kriteria >0,5 yaitu
faktor produk 0,528, harga 0,580, promosi 0,516, dan lokasi 0,600.