Abstract:
Bimbingan Kelompok adalah sarana untuk menunjang perkembangan
optimal masing-masing siswa, yang dimana diharapkan dapat mengambil manfaat
dari pengalaman pendidikan ini bagi dirinya sendiri.Tujuan layanan bimbingan
kelompok adalah berkembangnya sosialisasi siswa, perkembangan pribadi
khususnya kemampuan komunikasi anggota kelompok. Tujuan dalam penelitian
ini adalah untuk mengetahui penerapan layanan Bimbingan Kelompok dalam
membantu perencanaan karir siswa kelas VIII SMP Tarbiyah Islamiyah
Hamparan Perak Tahun Ajaran 2020/2021. Adapun masalah dalam penelitian ini
adalah masih banyak siswa yang kesulitan dalam menentukan arah karirnya dan
ikut-ikutan teman dalam merencanakan karir, kurang memiliki pengetahuan
tentang pendidikan lanjutan, beranggapan bahwa perencanaan karir tidak
diperlukan, dan kurangnya pemberian layanan Bimbingan Kelompok pada siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dari persoalan tersebut maka diharapkan dapat
membantu siswa dalam memberikan pengetahuan tentang perencanaan karir dan
pentingnya dalam menentukan arah karirnya kedepan.